Apa Itu Glaukoma?

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang disebabkan oleh tekanan bola mata yang terus menerus tinggi. Tekanan bola mata yang tinggi ini sebabkan oleh adanya gangguan aliran cairan dalam mata.

Syaraf mata adalah sekumpulan saraf yang berbentuk seperti serat kecil kecil yang menghubungkan retina ke otak. Jadi, jika syaraf mata ini rusak, otak tidak bisa menerima sinyal visual yang dikirimkan retina dengan baik. Dan, jika kerusakan saraf mata ini terus menerus terjadi, penderita glaukoma akan mengalami kebutaan.

Kalau penderita Glaukoma sudah mengalami kebutaan, apakah masih bisa disembuhkan ?

Ketika saraf pada mata penderita glaukoma ini sudah mulai rusak, maka pandangan yang dimiliki akan semakin menyempit. Hal ini dikarenakan kerusakan saraf mata biasanya terjadi mulai dari pinggir terlebih dahulu, kemudian terjadi terus menerus sampai semua saraf mata rusak total.

Pada awal kerusakan syaraf mata, luas jangkauan penderita glaukoma akan semakin menyempit. Jika Anda melihat ke arah sudut kiri atau sudut kanan, biasanya akan terlihat hitam dan Anda tidak bisa melihat apa apa.

Penyempitan jangkauan pandangan ini lah yang ada akhirnya akan membuat penderita glaukoma mengalami kebutaan.

Sayangnya, kebutaan yang diakibatkan oleh glaukoma ini bersifat permanen. Jika mata Anda sudah buta total, ini artinya saraf mata Anda sudah rusak total. Dan bisa dikatakan, tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan lagi.

Langkah terbaik untuk mengatasi kebutaan akibat glaukoma adalah dengan mendiagnosa sejak dini dan kemudian melakukan pengobatan.

80% kasus glaukoma bisa disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini.

 470 total views,  2 views today