Tanpa Biaya Mahal, Inilah 8 Obat Alami untuk Mengobati Katarak

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia ini. Dan di Indonesia, angka kebutaan akibat katarak ini juga sangat tinggi.

Penyebab utamanya adalah usia. Dan faktor usia ini adalah penyebab utama katarak yang bisa dikatakan tidak bisa dihindari. Dari awal pembentukan, sampai akhirnya katarak merenggut penglihatan seseorang sebenarnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Namun, jika perawatan terhadap katarak ini tidak dilakukan dengan tepat waktu, maka risiko terjadinya kebutaan akan meningkat.

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk meyembuhkan katarak dan mencegah kebutaan adalah dengan operasi. Tapi, operasi ini akan menelah biaya yang cukup besar. Bisa sampai belasan juta rupiah.

Nah, pada artikel ini akan Kami bahas beberapa obat alami untuk menyembuhkan katarak tanpa operasi. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang belasan juta untuk menyembuhkan katarak yang Anda derita.

Jadi, apa saja obat alami untuk menyembuhkan katarak ?

1. Bawang putih

Tentu bawang putih ini sangat mudah Anda dapatkan. Coba saja cek di dapur Anda, pasti ada bawang putih.

Nah, ternyata, bawang putih terbukti menjadi salah satu pengobatan alami untuk katarak. Anda hanya perlu mengunyah bawang putih setiap hari untuk mengurangi efek buruk dari katarak.

Diketahui bawang putih mengandung allicin, yaitu antioksidan kuat yang membantu mencegah stres oksidatif, sehingga efektif mencegah perkembangan katarak.

2. Almond 

Salah satu jenis kacang-kacangan ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Termasuk untuk mengobati katarak.

Caranya,rRendam beberapa kacang almond ke dalam air selama semalaman, lalu konsumsi di pagi hari.

Kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa organik yang ada di dalam almond efektif membantu mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko katarak.

3. Madu

Bahan makanan yang punya 1000 manfaat kesehatan ini juga diyakini mampu menyembuhkan katarak. Banyaknya nutrisi yang ada dalam madu, membantu melindungi mata dari pengaruh katarak.

4. Bayam

Bayam sangat dikenal baik untuk kesehatan mata, dan ternyata bayam ini juga efektif digunakan sebagai obat untuk katarak.

Kadar fitonutrien yang tinggi yang dimiliki bayam dapat membalikkan kerusakan akibat stres oksidatif, sehingga menghilangkan radikal yang ada.

Selain itu, bayam juga membantu menetralkan efek negatif dan mencegah endapan protein, yang bisa melindungi mata.

5. Wortel

Tentu Anda sudah tahu kan wortel baik untuk mata ? biasanya wortel ini dikaitkan dengan pengobatan mata minus. Tapi ternyata, wortel juga mampu mengatasi katarak loh.

Ini karena wortel banyak mengandung beta-karoten yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Tidak hanya itu, antioksidan, lutein yang terkandung dalam wortel bahkan membantu mengurangi stres oksidatif pada mata dan mencegah deposisi protein.

6. Pepaya

Papaya memiliki kandungan yang dinamakan papain, yaitu enzim yang mempercepat proses pencernaan protein.

Sehingga dengan mengonsumsi pepaya dengan teratur bisa mengurangi terjadinya katarak, karena dapat menghilangkan dan mencegah pengendapan plak.

7. Jahe dan lemon

Jahe dan lemon yang sama-sama kaya dengan antioksidan ini dapat mencegah dan mengurangi katarak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rutin mengonsumsi jahe dan lemon menjadi cara yang efektif.

8. Teh hijau

Teh hijau mungkin sudah akrab dengan manfaatnya yang efektif untuk diet.

Tapi tahukan Anda ternyata dengan minum teh hijau secara rutin, juga dapat memperbaiki gejala katarak berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Fitonutrien dalam teh hijau juga dapat membantu memperlambat perkembangan pengaburan penglihatan.

Antioksidan pada teh hijau bahkan dapat menetralkan radikal bebas, yang pada akhirnya bisa mengelola stres oksidatif.

 514 total views,  2 views today