Artikel

Tidak Langsung Sembuh, Ini yang Harus Anda lakukan setelah operasi Katarak

operasi katarak

Beberapa jam setelah operasi, Anda mungkin sudah bisa pulang. Hal ini karena operasi katarak umumnya menggunakan bius lokal. Selain itu, operasi berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 30-45 menit.

Namun, Anda disarankan untuk meminta bantuan orang lain untuk mengantar pulang, karena Anda mungkin belum bisa melihat dengan sempurna. Mata dapat menjadi sensitif terhadap cahaya, buram, dan terasa gatal selama beberapa hari pascaoperasi.

Langkah perawatan yang dapat membantu pemulihan mata pasca operasi katarak, antara lain:

  • Hindari menyentuh mata.
  • Gunakan tetes mata sesuai anjuran dokter untuk meringankan rasa tidak nyaman pascaoperasi.
  • Hindari masuknya benda apa pun ke dalam mata, seperti sabun atau air.
  • Jangan mengenakan make up pada mata selama setidaknya 4 minggu.
  • Jangan berenang selama 4-6 minggu.
  • Jangan naik pesawat tanpa persetujuan dokter.
  • Jangan menyetir kendaraan sampai diizinkan dokter.
  • Biasanya setelah operasi katarak, Anda perlu memakai kacamata rabun dekat atau rabun jauh atau bahkan kombinasi keduanya. Hal ini karena lensa mata buatan tidak dapat fokus pada jarak tertentu.

Pasca operasi, mata dapat benar-benar pulih dalam waktu sekitar dua bulan. Sebagian besar orang akan mengalami perbaikan daya penglihatan setelah operasi. Anda akan dapat melihat cahaya tanpa kesilauan, bisa membedakan warna karena terlihat lebih terang, dan bisa melihat benda dengan fokus. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk pulih sepenuhnya, setelah Anda melakukan operasi katarak.

Baca Juga :

Risiko Operasi Katarak

Risiko terjadinya komplikasi dari operasi katarak tergolong sangat rendah dan dapat diatasi dengan obat-obatan atau operasi lanjutan. Komplikasi biasanya terjadi jika Anda punya penyakit mata atau kondisi medis tertentu.

Segera konsultasikan ke dokter spesialis mata, jika pasca operasi katarak, Anda mengalami mata yang memerah, rasa sakit yang tak kunjung hilang walaupun telah menggunakan obat pereda nyeri, mual dan muntah, batuk berkepanjangan, atau kehilangan penglihatan.

 309 total views,  2 views today